Kamis, 22 Desember 2011

WASPADA DALAM MEMBELI PS2
Akhir-akhir ini banyak beredar Playstation 2 baru tetapi di dalamnya bekas atau rekondisi. Beredarnya PS bekas ini disebakan oleh karena kurangnya stok atau produksi PS yang dikeluarkan oleh SONY selaku pemegang merk resmi PS, yang mana dari pihak SONY mulai menghentikan produksi mesin baru seri lama dan menggantikan dengan generasi yang lebih canggih agar tidak kalah bersaing dengan para pesaingnya di dalam dunia game yang semakin kompetitif.

Misalnya tahun 2005 SONY menghentikan produksi mesin PS type 3000x dan type 5000x lalu menggantinya dengan PS Slim type 7000x, sehingga stok persediaan PS2 type 3000x habis. Yang jadi masalah adalah meskipun stok habis tapi permintaan pasar akan type tersebut terus meningkat. Untuk mengakali permintaan type 3000x para pedagang dan distributor berlomba membeli PS bekas dari luar negeri maupun dari dalam negeri sendiri dan mengubahnya menjadi baru yaitu dengan cara mengganti kardus serta casing PS supaya konsumen tertarik untuk membelinya. Parahnya lagi ada pedagang membeli PS yang sudah rusak kemudian memperbaikinya seadanya (asal nyala dan bisa dimainkan) kemudian dikemas dan dijual baru. Kegiatan ini berlangsung sudah cukup lama dan sampai sekarang masih ada.

Pada umumnya pedagang curang ini beraksi di sentra elektronik terbesar di Jakarta seperti di H??#O G%#@k dan M$#%a D#@ (sengaja saya samarkan). Walaupun pedagang mempunyai toko besar tidak jaminan barang yang dijual benar-benar barang baru. Untuk itu berhati-hatilah dalam membeli PlayStation 2 baru.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membedakan Playstation 2 yang baru dan Playstation 2 barbek (baru tapi bekas) :
  1. Kemasan, dus PS yang aspal warnanya kusam, gambar pada dus kurang tajam, buram. Dus-dus PS ini bisa diperoleh di toko-toko PS, mulai dari stiker yang dilengkapi serinya serta gabus putih.
  2. Buku petunjuk manual tidak lengkap. PS aspal biasanya tidak ada buku manualnya. Bila PS baru terdapat buku manual yang masih terbungkus dengan plastik.
  3. Dari segi fisik mesin. Terlihat kalau PS aspal casingnya banyak yang tergores/cacat dan bila dibuka besi atau seng di dalam sudah banyak yang berkarat.
  4. Bila dicoba. PS aspal biasanya akan pilih-pilih cd game, atau loading lama.
  5. Stiker seri yang terletak di belakang PS aspal akan berbeda dengan program di dalam program mesin PS saat PS dihidupkan. Walaupun ada yang sama, mungkin sudah diubah BIOSnya.
  6. Tidak adanya garansi. Umumnya pedagang PS aspal tidak mau memberi garansi, kalaupun memberi garansi biasanya hanya garansi service dan bukan garansi spare part, karena mereka tahu bahwa yang mereka jual adalah PS yang kondisinya sudah tidak bagus.
Hingga saat ini Pihak SONY tidak lagi memproduksi PS2 Tebal type 3000x dan 5000x. Yang masih diproduksi adalah PS2 Slim (tipis) Type 7000x, 7600x dan 9600xx.

Demikian untuk bisa dijadikan acuan dalam membeli PlayStation baru dan semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. awetan mana mesinya gan,ps 2 5000x lama apa ps 2 7000x

    Juga apa bdanya.mksh postingan yg brmanfaat

    BalasHapus